Siklus pembelian adalah suatu proses pertukaran barang dan jasa tertentu yang melibatkan perusahaan dan pemasok / supplier / vendor. Pembelian mempunyai siklusnya sendiri, yang secara fungsi tidak jauh berbeda dengan siklus penjualan, yaitu dimulai dari pesanan atas barang dan jasa dari perusahaan kepada pemasok, kemudian dilakukan pengiriman barang, d ilanjutkan dengan tagihan yang diberikan pemasok keperusahaan sampai kepada proses pembayarannya. Ada 5 aktivitas dasar dari sistem pembelian, yaitu :
- Requesting the Purchase of needed goods
- Ordering goods to be purchased
- Receiving ordered goods
- Approving vendor invoice for payment
- Paying for goods purchased
Dalam siklus pembelian, membutuhkan 4 bagian, yaitu :
- Supplier
- Pembelian
- Gudang
- Pimpinan
Data yang dibutuhkan dan dihasilkan dalam proses pembelian adalah :
- Daftar macam-macam barang
- Daftar barang yang dipilih
- Daftar harga dan barang yang ditawar
- Daftar harga barang
- Surat Perjanjian kredit
- Surat Penutupan Barang
- Buku Besar Utang
- Surat Jalan
- Surat Penerimaan Barang
- Nota Pembayaran
- Jurnal Pembelian dan Data Persediaan Barang
Job Description masing-masing bagian dalam proses pembelian adalah :
1. 1. Supplier
- Menawarkan barang / produk yang dijual kepada perusahaan
- Melakukan penawaran harga sesuai yang diinginkan konsumen
- Membuat surat perjanjian utang (kredit) dan nota pembayaran (tunai)
- Mengirim barang yang dipesan dan membuat surat jalan
2. 2. Bagian Pembelian
- Memeriksa daftar barang yang dipilih oleh bagian gudang
- Melakukan pembelian barang secara tunai dan kredit
- Melakukan penawaran harga kepada supplier dan perjanjian cara pembayaran
- Membuat buku besar utang ( pembelian kredit)
- Membuat surat penutupan barang (SPB)
- Melakukan pembayaran atas pembelian tunai
- Membuat jurnal pembelian dan data persediaan barang
3. 3. Bagian Gudang
- Memilih barang yang dibutuhkan dan membuat daftar untuk diserahkan ke bagian pembelian
- Menerima, menimbang, dan memeriksa kesesuaian barang
- Membuat surat penerimaan barang
4. 4. Pimpinan
- Menerima surat-surat dan laporan dari masing-masing bagian di perusahaan
- Membuat kebijakan yang dapat memperkecil biaya pembelian
- Mengawasi kegiatan operasional perusahaan
thanks, http://baliwap.com
BalasHapus